Recents in Beach

header ads

Apakah Oral Sex Aman?


Oral seks dianggap lebih rendah reikonya dalam menularkan penyakit menular seksual dibandingkan dengan hubungan seksual. Namun sepertinya anggapan itu harus segera dihilangkan, karena berdasarkan study terbaru yang dipublikasikan oleh journal of sexual medicine, seks oral merupakan jalur yang cukup mudah untuk menularkan beberapa penyakit seksual antara lain sifilis, gonorrhea, klamidia, HPV dan herpes genital.

Sifilis, Gonorhea dan klamidia bisa disembuhkan dengan mengguanakan antibiotic. Akan tetapi infeksi HPV yang merupakan penyebab utama dari terjadinya kanker servik dan herpes tidak bisa disembuhkan. Keberadaan infeksi HPV yang ditularkan melalui oral seks bisa mengakibatkan terjadinya kanker lidah dan kanker tenggorokan.
 
Yang menjadi masalah saat ini adalah, infeksi penyakit menular seksual pada mulut sebagian besar tidak terdeteksi dan tidak menunjukkan gejala. Selain itu karena masih rendahnya untuk screening kesehatan untuk penyakit menular seksual menggunakan sample air liur.

Oleh karena itu, sebaiknya anda menghindari untuk melakukan oral seks dengan pasangan anda. Akan tetapi jika tidak bisa dihindari, anda bisa mencoba beberapa tips sebagai berikut:
  1. Pastikan tubuh anda dan pasangan dalam keadaan bersih. Jika anda pasangan baru, anda bisa menggunakan kondom atau bendungan gigi (lateks tipis yang melapisi mulut)
  2. Pastikan anda berdua benar-benar sehat dari IMS sebelum melakukan oral seks dan melakukan uji kesehatan secara rutin pada kelamin dan rongga mulut
BACA JUGA:

Post a Comment

0 Comments