Recents in Beach

header ads

Cara Agar Tidur Nyenyak Dengan Cepat Ala Militer

Cara Agar Tidur Nyenyak Dengan Cepat Ala Militer - Bagi sebagian orang, tidur yang nyenyak merupakan hal yang sulit diacpai meski sudah berbaring cukup lama di tempat tidur yang nyaman. Biasanya hal ini terjadi karena otak terus berfikir dan berputar, yang membuat kita menjadi tak dapat tidur lelap. Tapi tenang, kabar baiknya, sekarang ada cara mudah yang dapat membuat kita tidur lelap hanya membutuhkan waktu dua menit ala militer.


Cara tidur lelap dengan cepat ala militer


Cara yang cepat untuk tidur itu telah dipraktikkan oleh tentara AS untuk membantu pasukan mereka tertidur saat berada pada kondisi yang jauh dari kata tenang, misalnya di medan perang. Rahasia tersebut diungkap dalam buku yang berjudul Relax & Win: Championship Performance. Meski pertama kali diterbitkan tahun 1981, namun dewasa kembali jadi pembahasan di internet.

Kepala pimpinan militer mengembangkan trik ini untuk memastikn para pasukan tentara tidak melakukan kesalahan fatal karena kelelahan akibat kurangnya tidur.

Dilansir portal Independent, berikut adalah cara tidur cepat yang bisa anda coba:

  1. Buatlah otot-otot di wajah menjadi rileks, termasuk juga lidah, rahang serta otot-otot di sekitar mata.

  2. Gerakan kedua bahu ke arah bawah semampu yang kita bisa, juga diikuti oleh lengan atas & lengan bawah pada satu sisi secara bergantian.

  3. Rilekskan dada, hembuskan napas, diikuti dengan kaki, awali dari paha. Lakukanlah secara perlahan.

Gunakanlah waktu 10 detik untuk dapat menjernihkan pikiran sebelum kita melakukan salah satu dari ketiga hal berikut:

  • Bayangkan saat kita sedang berbaring di atas kano yang berada di danau dengan suasana yang sangat tenang dan langit cerah yang biru dan jernih.

  • Bayangkan saat kita berbaring di atas sebuah ayunan yang berada pada ruangan gelap gulita.

  • Dan Katakan pada diri sendri dengan kata 'jangan berpikir' katakan berulang-ulang sekitar 10 detik.

Baca : Waspada Efek samping obat kuat bisa mematikan

Cara tidur cepat ini dijamin efektif dan mampu membuat kita mudah tertidur cepat setelah kurang lebihnya enam minggu kita melatihnya. Kurang tidur juga dapat mempengaruhi kinerja siapapun, tidak hanya militer saja. Selain itu, kurang tidur juga dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe dua, jantung dan ketidakmampuan otak untuk memusatkan pikiran kita.

Menurut Dr Neil Stanley, selaku ahli akar tidur, hal yang sangat penting agar kita bisa tertidur nyenyak adalah dengan menenangkan pikiran. “Untuk bisa tidur cepat kita memerlukan tiga hal, yaitu tubuh yang santai, kamar tidur yang kondusif untuk tidur, dan yang terpenting adalah pikiran yang sangat tenang," paparnya.

Baca : Cara mengecilkan perut gendut tanpa olahraga

Kemudian Ia menambahkan jika kita tidak akan bisa tidur saat pikiran terus bekerja. Jadi, kita harus mampu melakukan cara apapun untuk memperlambat pikiran demi tidur dengan nyenyak. Tidak ada cara ajaib lain untuk melakukan ini, ucap Staley, kita harus bisa menemukan apa yang berhasil untuk diri kita sendiri.

Menurutnya, kita juga dapat mencoba untuk membaca, minum teh camomile, mandi air hangat, memakai aromaterapi, menerapkan mindfulness, atau mendengarkan musik. Pilih metode yang anda sukai dan paling mungkin dilakukan, asalkan bisa membuat pikiran kita menjadi tenang. Semga bermanfaat

Post a Comment

0 Comments