Recents in Beach

header ads

Cara Mengatasi Ngorok Yang Parah

Cara Mengatasi Ngorok Yang Parah - Tidur berada di sebelah orang yang suka ngorok atau mendengkur adalah layaknya sebuah siksaan. Tidak hanya itu saja, orang yang suka mendengkur dan juga orang yang berada di sekitarnya juga akan sulit tidur nyenyak. Karena mendengkur sering dianggap sebagai tanda tidur nyenyak, yang sebenarnya terjadi mendengkur adalah masalah kesehatan.


Cara Mengatasi Dengkur Yang Parah


Orang yang suka mendengkur setiap tidur malam beresiko terserang penyakit jantung dalam kurun waktu panjang. Ada beberapa cara menghentikan ngorok ini. Simak beberapa tips dari dokter pengobatan tidur oleh Rita Aouad, seperti kemas dari situs Men's Health :

1. Pastikan dulu bahwa bukan gangguan kesehatan

Mendengkur akan terjadi ketika udara tidak dapat mengalir dengan lancar pada saluran belakang hidung ataupun mulut. Menurut Rita, ini terkadang bisa saja menjadi tanda sleep apnea obstruktif yang dapat menyebabkan kadar oksigen di dalam tubuh menurun.

Kondisi seperti ini dapat menurunkan kualitas tidur, terasa kantuk di siang hari yang terlalu berlebihan, meningkatnya risiko tekanan darah tinggi, depres, diabetes, stroke dan penyakit jantung.

"Penyakit Seperti ini dapat diobati dengan memberi tekanan pada saluran udara positif secara berkelanjutan atau memakai alat CPAP agar menjaga jalan pernapasan tetap terbuka saat tidur," tambah Rita.

Konsultasikan kondisi ini dengan dokter pengobatan tidur ahli untuk memastikan apakah kebiasaan mendengkur atau ngorokmu merupakan tergolong sleep apnea atau bukan.

Baca juga: Cara Mengatasi Ketombe Dengan Gula

2. Memakai dilator nasal atau nasal strip

Alat-alat ini seperti nasa strip bisa membantu memperlebar saluran pernapasan terutama hidung, akan membuat udara lebih lancar mengalir tanpa terhalang. Nasal strip akan bekerja dengan cara menempelkannya di luar hidung.

Alat ini akan bekerja dengan menarik pada saluran udara agar terbuka. Lalu, dilator nasal akan bekerja dengan memasukannya ke dalam lubang hidung kemudian mendorong perlahan saluran udara agar makin terbuka.

3. Corong anti mendengkur alat anti mendengkur(suricoma)

Menurut Aouad, alat anti mendengkur ini juga efektif. Alat ini biasanya bekerja dengan membantu kita agar bernapas lebih mudah untuk mencegah dengkuran. Baca juga: Mendengkur Bisa Jadi Tanda Adanya Penyakit

4. Ubah posisi tidur

Cegah mendengkur dengan menghindari tidur dalam posisi telentang. Menurutnya, posisi ini seringkali memperparah dengkuran. Beberapa ahli bahkan menyarankan untuk menjahit kantung di bagian belakang piyama dan meletakkan bola tenis di dalamnya.

Cara ini dilakukan agar kita merasa tak nyaman saat tubuh tidur dalam posisi telentang.

Baca juga: Efek Buruk dari Posisi Tidur Menyamping 5. Hindari alkohol sebelum tidur Wedge pillow(Chadked) Jauhi alkohol dan obat penenang di malam hari. "Alkohol dan obat penenang adalah depresan pernapasan yang dapat memperburuk dengkuran," kata Aouad.

6. Gunakan spray nasal atau obat alergi saat sakit

Ketika hidung tersumbat, pasti sangat sulit untuk menarik udara melalui saluran napas. Menurut American Academy of Otolaryngology, ini menciptakan tarikan udara berlebih di tenggorokan, yang menyebabkan jaringan lunak saling bertabrakan dan menghasilkan dengkuran.

7. Operasi Pilihlah cara ini sebagai jalan terakhir.

Menurutnya, pembedahan mungkin menjadi pilihan tetapi saat semua yang sudah dilakukan gagal. Menurutnya, jika saluran nafas atas adalah penyebab dengkuran, maka operasi seperti uvulopalatopharyngeoplasty (UP3) untuk membuka jalan pernapasan dapat dipertimbangkan sebagai jalan keluar.

Sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui risiko dan manfaat operasi ini. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa share agar semakin banyak yang tahu.

Post a Comment

0 Comments